Minecraft PE Android Sering Force Close, Ini Alasannya

Pengguna HP Android sering mengalami masalah game tertutup sendiri (force close) saat sedang main atau baru membuka dari awal pada game Minecraft PE di smartphonenya. Mereka tidak tau apa itu penyebab terjadinya game tertutup sendiri.


Saya igsem, pada kesempatan kali ini akan memberikan cara untuk mengatasi game Minecraft PE yang sering force close atau tertutup sendiri untuk pengguna hp Android.

Seperti yang kamu ketahui Minecraft PE memiliki sistem persyaratan minimal yang tidak terlalu tinggi, dibutuhkan minimal penggunakan Android dengan versi 4.2 Kitkat. Persyaratan sistem lainnya bisa kamu lihat di bawah.

Processor Dual Core 1Ghz
RAM  2GB
Memori penyimpanan 1GB

Menurut saya untuk bermain minecraft untuk update versi yang sekarang dengan spesifikasi di atas sangat tidak di anjurkan, karena pada hp yang saya gunakan yaitu asus zenfone c, sangat lama pada bagian loading screen.

Langsung saja pada masalah utama tanpa basa basi lagi.

Langkah Mengatasi Force Close Minecraft PE di Android

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal ulang aplikasi Minecraft PE di Android-mu. Caranya, pergi ke playstore lalu ketik di pencarian "Minecraft" pilih Uninstal apabila masih terinstal, lalu pilih instal kembali dan tunggu sampai selesai. Cara ini hanya bisa di lakukan bagi kamu yang menggunakan aplikasi yang sudah dibeli.

Sebelumnya jangan lupa untuk back-up file world kamu agar tidak hilang saat menginstal ulang game Minecraft PE-nya. Biasanya, masalah force close akan teratasi dengan cara ini, karena file lama akan dihapus.

Selanjutnya langkah kedua, menghapus cache HP. Langkah ini cukup efektif  bila kamu tidak ingin menguninstal game Minecraft kamu, hanya saja file cache akan terhapus sehingga setting akan kembali seperti semula.

Cache adalah file sisa aplikasi yang disimpan agar nantinya bisa dimuat dengan cepat namun semakin lama akan semakin menumpuk yang akhirnya memakan penyimpanan dan mungkin akan membuat berat aplikasi.

Langkahnya untuk menghapus cache Minecraft PE atau aplikasi lainnya sebagai berikut;
  1. Buka bagian Settings
  2. Buka Apps & Notifications
  3. Cari Minecraft PE dan klik
  4. Kemudian klik bagian Storage
  5. Tekan tombol "Clear cache"

Apabila cara diatas masih saja tidak berhasil, maka bisa jadi hp kamu memang kurang kuat dalam bermain Minecraft PE, khususnya versi terbaru yang memang sangat berat ditambah update aquatic.

Oleh karena itu, solusi yang bisa kamu pakai adalah bermain versi jadul. Kenapa versi jadul? karena belum ditambah update-update yang membuat berat dan fiturnya juga masih tidak banyak.

Contoh; Versi Pertama Minecraft PE Android yang tentunya akan lancar apabila dimainkan pada hp kamu karena sudah lama dirilis.

Kekurangannya adalah kamu akan kehilangan beberapa item atau fitur yang kamu sukai diversi terbaru, namun kelebihannya adalah tidak akan terjadi lag lagi dalam bermain.

Mungkin kamu harus mencari versi yang tidak terlalu jadul namun juga tidak terlalu baru agar bisa tetap memainkan game ini dengan lancar. Silahkan dicoba satu per satu atau bisa dicari melalui blog ini.

    0 Response to "Minecraft PE Android Sering Force Close, Ini Alasannya"

    Post a Comment

    Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Komentar mengandung SARA, provokasi, dan hal yang mengundang keburukan lainnya akan saya abaikan. Dan dimohon untuk tidak menyertakan tautan aktif!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel